Spesifikasi yamaha Byson

Image and video hosting by
 TinyPic
Penampakan FZ-16


Yamaha Byson

Ada gosip yang beredar, kabarnya tahun depan YMKI bakal ngeluarin motor sport baru. Namanya Byson. Memiliki tenaga berkapasitas 153 cc. Walaupun masih dalam tahap uji coba, motor ini kayaknya akan bisa merajai jalanan dan siap nyeruduk para pesaingnya. Soalnya sosok Byson mirip sama Yamaha FZ-16 yang pada sliweran di India. Tongkrongannya sangat sporty, gagah, dan pokoknya macho banget dah. Lampu depan teronggok di bawah setang dan knalpot gaya moge. Sasis motornya pun sangat kekar abis. Siapa yang engga gregetan pingin buru-buru nyemplak diatas lekukan joknya yang bahenol dan semok?


Image and video hosting by
 TinyPic
Bokong FZ-16

Bahkan ada pula kabar yang mengatakan bahwa Byson akan diluncurkan disekitar bulan Februari 2010 mendatang. Bersama dengan V-ixion (saudara tuanya), kedatangan Byson bakalan membuat rival yang juga memiliki motor jenis sport diprediksi akan sulit mengejar. Harganya? Paling banter sekitar 20 juta (mudah-mudahan sih kurang dari segitu). Boleh dong mengira-ngira, namanya juga gosip, lagipula belum ada harga resmi dari Yamaha.

Byson, namanya seperti nama hewan?
Bagi orang Indian, hewan satu ini punya banyak arti. Bukan cuma simbol kekuatan untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga merupakan tulang kaki suci ysng dihuni oleh roh penolong dan kebaikan yang digunakan untuk mengisap ramuan tradisional yang disebut Ramuan Bison (Buffalo Medicine). Asap yang dihasilkan oleh pipa ini juga dipercaya sebagai asap suci pembawa kebaikan dan kekuatan untuk kehidupan. Pipa tulang bison ini juga dipakai sebagai cendera mata tanda penghargaan, pesan perdamaian, atau kesepakatan kerja sama dengan suku atau bangsa lain yang bersahabat dengan mereka.

Karena begitu keramatnya, Bison dipakai sebagai nama anggota suku mereka. Seorang anak yang namanya terdapat kata Yansi (Buffalo, dalam bahasa Inggris), diharap bakal tumbuh menjadi anak yang kuat, cepat mencapai kedewasaan berpikir, dan selalu dilindungi roh supranatural dari Bison. Kadang mereka juga menambahkan nama Yansi sebagai penghargaan untuk pahlawan dalam peperangan.

Okeh Bro, kembali ke pokok gosip kita, berdasarkan berita dari kompas.com ternyata motor yang selama ini dikenal dengan Byson terdaftar di Departemen Perindustrian dengan nama Viper. Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) bernomor 77/IATT/TPT/1/2007 menunjukkan bahwa produk baru merek motor berlambang garpu tala itu dilabeli kode FZ150 dengan nama Viper. Bahkan, masih dari data Depperin, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengantongi izin untuk memproduksi sebanyak 25.700 unit.
Masih menurut kompas, motor ini masih menggunakan basis mesin V-ixion namun yang membedakan adalah suplai bahan bakar yang menggunakan karburator, bukan dengan sistem injeksi milik vixion.
Penasaran? ...............nih spek-nye!..........

Image and video hosting by 
TinyPic Image
 and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by
 TinyPic Image 
and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by 
TinyPic

FZ16 SPECS
Engine: type Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Displacement: 153.0cm3
Bore & Stroke: 58.0 × 57.9mm
Compression ratio: 9.5:1
Maximum output: 14PS / 7500 rpm
Maximum torque: 14 N.m / 6000 rpm
Carburetor: type BS26
Clutch: Constant mesh wet multiplate
Transmission: type Return type 5-speed
Frame: Diamond
Suspension (front/rear): Telescopic / Monocross
Wheelbase: 1,335mm
Brake (front/rear): Hydraulic single disc / drum
Tire size (front/rear): 100/80-17 / 140/60-R17
Overall Length × Width × Height: 1,975mm × 770mm × 1,045mm
Seat height: 790mm
Wheelbase: 1,335mm
Minimum ground clearance: 160mm
Dry weight/Curb weight: 126 kg / 137 kg
Fuel tank volume: 12 liters
Engine oil volume: 1.2 liters

Post a Comment