|
|
ARTI RAMBU-RAMBU LARANGAN (TABLE II A) |
| |
1a. | Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya. |
1b. | Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan/hambatan/gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan. |
1c. | Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti sesaat untuk mendapat kepastian aman. |
1d. | Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangan kereta api jalur ganda, wajib berhenti sesaat untuk mendapat kepastian aman. |
1e. | Dilarang berjalan terus, wajib berhenti dan meneruskan perjalanan setelah melaksanakan sesuatu kegiatan/kewajiban tertentu, seperti contoh rambu berikut. Wajib berhenti untuk pemeriksaan cukai. |
1f. | Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat sebelum bagian jalan tertentu dan meneruskan perjalanan setelah mendahulukan kendaraan yang datang dari arah depan secara bersamaaan. |
2a. | Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor maupun tidak bermotor dari kedua arah. |
2b. | Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor mautpun tidak bermotor. |
3a. | Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda empat dan lebih. |
3b. | Larangan masuk bagi semua kendaraan roda tiga. |
3c. | Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda dua. |
3d. | Larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor. |
3e. | Larangan masuk bagi bus. |
3f. | Larangan masuk bagi mobil barang. |
3g. | Larangan masuk bagi kendaraan bermotor dengan kereta gandeng. |
3h. | Larangan masuk bagi kendaraan bermotor dengan kereta tempel. |
3i. | Larangan masuk bagi kendaraan bermotor untuk keperluan khusus, antara lain FORKLIFT, penggilas jalan, tractor. |
3j. | Larangan masuk bagi delman dan sejenisnya. |
3k. | Larangan masuk bagi gerobak, pedati dan sejenisnya. |
3l. | Larangan masuk bagi gerobak dorong dan sejenisnya. |
3m. | Larangan masuk bagi gerobak dan dokar. |
3n. | Larangan masuk bagi semua kendaraan tidak bermotor. |
3o. | Larangan masuk bagi sepeda. |
3p. | Larangan masuk bagi becak. |
3q. | Larangan masuk bagi sepeda dan becak. |
3r. | Larangan masuk bagi pejalan kaki. |
4a. | Larangan berhenti sampai dengan jarak 15 m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas, kecuali dinyatakan lain dengan papan tambahan. |
4b. | Larangan parkir sampai dengan jarak 15 m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas, kecuali dinyatakan lain dengan papan tambahan. |
5a. | Larangan berbelok ke kiri bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor untuk masuk jalan simpangan atau berpindah jalur yang searah lalu lintas. |
5b. | Larangan berbelok ke kanan bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor untuk masuk jalan simpangan atau berpindah jalur yang searah lalu lintas. |
5c. | Larangan berbalik arah bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor. |
6. | Larangan mendahului. |
7. | Larangan menggunakan isyarat suara. |
8a. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan panjang lebih dari ...m. |
8b. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan lebar lebih dari ...m. |
8c. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan tinggi lebih dari ...m. |
8d. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan tinggi lebih dari ...m. |
8e. | Larangan masuk bagi kendaraan yang seluruh berat termasuk muatannnya lebih dari 5 ton. |
8f. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan muatan sumbu lebih dari 8 ton. |
8g. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) lebih besar dari 10 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter atau ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter. |
8h. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) lebih besar dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter atau ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter. |
8i. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) lebih besar dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter atau ukuran panjang tidak melebihi 12.000 milimeter. |
8j. | Larangan masuk bagi kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) lebih besar dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.100 milimeter atau ukuran panjang tidak melebihi 9.000 milimeter. |
9. | Larangan kecepatan kendaraan lebih dari 40 km per jam. |
10. | Larangan mengikuti kendaraan di depan kurang dari jarak 15m. |
11a. | Batas akhir kecepatan maksimum 40km per jam. |
11b. | Batas akhir larangan mendahului kendaraan lain. |
11c. | Batas akhir semua larangan setempat terhadap kendaraan bergerak. |
12. | Larangan untuk mendahului.
Tabel I (Rambu-Rambu Peringatan)
|
|
ARTI RAMBU-RAMBU PERINGATAN (TABLE I) |
| |
1a. | Tikungan ke kiri. |
1b. | Tikungan ke kanan. |
1c. | Tikungan tajam ke kiri. |
1d. | Tikungan tajam ke kanan. |
1e. | Tikungan ganda, tikungan pertama ke kiri. |
1f. | Tikungan ganda, tikungan pertama ke kanan. |
1g. | Banyak tikungan atau urutan beberapa tikungan, tikungan pertama ke kiri. |
1h. | Banyak tikungan atau urutan beberapa tikungan, tikungan pertama ke kanan. |
1i. | Pengarah tikungan ke kanan. |
1j. | Pengarah tikungan ke kiri. |
2a. | Turunan. |
2b. | Turunan curam. |
2c. | Tanjakan. |
2d. | Tanjakan terjal. |
3a. | Penyempitan di kiri dan kanan jalan. |
3b. | Penyempitan di kiri jalan. |
3c. | Penyempitan di kanan jalan. |
3d. | Jembatan atau penyempitan di jembatan. |
3e. | Pengurangan jalur kiri. |
3f. | Pengurangan jalur kanan. |
4. | Jembatan angkat. |
5. | Jalan menuju tepian air, tepian jurang. |
6a. | Jalan tidak datar, bergelombang atau berbukit-bukit. |
6b. | Jalan cembung atau jembatan cembung. |
6c. | Jalan cekung. |
7. | Jalan licin. |
8. | Kerikil lepas. |
9a. | Longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kiri jalan. |
9b. | Longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kanan jalan. |
10. | Penyeberangan orang. |
11. | Banyak anak-anak. |
12. | Banyak orang bersepeda dan sering menyeberang jalan. |
13a. | Banyak satwa jinak dan sering menyeberang jalan. |
13b. | Banyak satwa liar dan sering menyeberang jalan. |
14. | Ada pekerjaan di jalan. |
15. | Lampu pengatur lalu lintas. |
16. | Lintasan pesawat terbang. |
17. | Angin dari samping. |
18a. | Lalu lintas dua arah. |
18b. | Awal bangunan pemisah untuk lalu lintas dua arah. |
18c. | Akhir bangunan pemisah untuk lalu lintas dua arah. |
18d. | Awal bangunan untuk lalu lintas satu arah. |
19a. | Persimpangan empat. |
19b. | Persimpangan tiga sisi kiri. |
19c. | Persimpangan tiga sisi kanan. |
19d. | Persimpangan tiga serong kiri. |
19e. | Persimpangan tiga serong kiri. |
19f. | Persimpangan tiga serong kanan. |
19g. | Persimpangan tiga serong kanan. |
19h. | Persimpangan tiga type T. |
19i. | Persimpangan tiga type Y. |
19j. | Persimpangan tiga ganda kiri kanan. |
19k. | Persimpangan tiga ganda kanan kiri. |
19l. | Persimpangan tiga ganda kiri. |
19m. | Persimpangan tiga ganda kanan. |
20a. | Persimpangan empat dengan prioritas. |
20b. | Persimpangan tiga sisi kiri dengan prioritas. |
20c. | Persimpangan tiga sisi kanan dengan prioritas. |
20d. | Persimpangan tiga serong kiri dengan prioritas. |
20e. | Persimpangan tiga serong kanan dengan prioritas. |
20f. | Persimpangan bundaran dengan prioritas. |
21a. | Tinggi ruang bebas ..........m. |
21b. | Lebar ruang besas ..........m. |
22a. | Persilangan datar dengan lintasan kereta api berpintu. |
22b. | Persilangan datar dengan lintasan kereta api tanpa pintu. |
23. | Hati-hati. |
24a. | Rambu tambahan menyatakan jarak 450 m. |
24b. | Rambu tambahan menyatakan jarak 350 m. |
24c. | Rambu tambahan menyatakan jarak 150 m. |
25. | Peringatan tentang bahaya tanah longsor di musim hujan.
Tabel II B (Rambu-Rambu Perintah)
|
|
ARTI RAMBU-RAMBU PERINTAH (TABLE II B) |
| |
1a. | Wajib mengikuti arah ke kiri. |
1b. | Wajib mengikuti arah ke kanan. |
1c. | Wajib mengikuti arah-arah yang ditunjuk. |
1d. | Wajib mengikuti arah-arah yang ditunjuk. |
1e. | Wajib berjalan lurus ke depan. |
1f. | Wajib mengikuti arah yang ditentukan pada bundaran. |
2a. | Wajib mengikuti salah satu arah yang ditunjukkan. |
2b. | Wajib mengikuti salah satu arah yang ditunjukkan. |
3a. | Lajur atau bagian jalan yang wajib dilewati. |
3b. | Lajur atau bagian jalan yang wajib dilewati. |
3c. | Wajib melewati salah satu jalur yang ditunjuk. |
4a. | Wajib untuk pejalan kaki. |
4b. | Wajib untuk lalu lintas bersepeda. |
4c. | Wajib untuk lalu lintas becak. |
4d. | Wajib untuk pengendara berkuda. |
4e. | Wajib untuk lalu lintas dokar. |
4f. | Wajib untuk lalu lintas pedati. |
4g. | Wajib untuk lalu lintas pedati, gerobak dorong dan dokar. |
5a. | Perintah kecepatan minimum yang diwajibkan. |
5b. | Batas akhir kecepatan minimum yang diwajibkan. |
6a. | Wajib memakai rantai pada ban. |
6b. | Batas wajib memakai rantai pada ban.
Tabel III (Rambu-Rambu Petunjuk)
ARTI RAMBU-RAMBU PETUNJUK (TABLE III) |
1a. | Rambu pendahulu petunjuk jurusan pada persimpangan di depan. |
1b. | Rambu pendahulu petunjuk yang menunjukkan arah depan. |
1c. | Rambu pendahulu petunjuk yang menyatakan arah yang harus ditempuh pada suatu daerah. |
1d. | Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan tol. |
1e. | Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan lajur kiri yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju. |
1f. | Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan lajur kanan yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju. |
1g. | Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan adanya pilihan lajur sesuai jurusan pada persimpangan. |
2a. | Rambu petunjuk jurusan ke Purwakarta dengan jarak 70 km. |
2b. | Rambu petunjuk jurusan menuju jalan tol Jagorawi. |
2c. | Rambu petunjuk jurusan ke Pelabuhan Udara. |
2d. | Rambu petunjuk untuk wisata ke arah perkemahan. |
2e. | Rambu petunjuk jurusan untuk wisata ke arah pesanggrahan pemuda. |
2f. | Rambu petunjuk jurusan ke daerah wisata Dieng dengan jarak 10 km. |
2g. | Rambu petunjuk jurusan ke daerah Taman Nasional. |
3. | Jalan ini menuju ke Tomohon dengan jarak 3 km dan Tondano 15 km. |
4a. | Masuk batas wilayah kota Kediri. |
4b. | Keluar batas wilayah kota Kediri. |
4c. | Awal batas wilayah Jalan Tol. |
4d. | Akhir batas wilayah Jalan Tol Jagorawi. |
5. | Tempat penyeberangan orang. |
6a. | Jalan satu arah kanan, untuk mempertegas arti dapat digunakan papan tambahan di bawahnya dengan tulisan "SATU ARAH". |
6b. | Jalan satu arah kiri, untuk mempertegas arti dapat digunakan papan tambahan di bawahnya dengan tulisan "SATU ARAH". |
6c. | Jalan satu arah lurus, untuk mempertegas arti dapat digunakan papan tambahan di bawahnya dengan tulisan "SATU ARAH". |
6d. | Rambu petunjuk tempat berbalik arah. |
6e. | Jalan buntu. |
6f. | Jalan buntu. |
6g. | Jalan Tol. |
6h. | Batas akhir Jalan Tol. |
6i. | Khusus kendaraan bermotor. |
6j. | Batas akhir jalan yang khusus untuk kendaraan bermotor. |
6k. | Tempat pemberhentian bus. |
6l. | Awal lajur bus. |
6m. | Bagian lajur yang dapat digunakan lalu lintas lainnya. |
6n. | Rambu yang memperjelaskan bahwa akan memasuki jalan yang mempunyai lajur khusus bus. |
6o. | Lajur bus searah dengan arah lalu lintas. |
6p. | Lajur bus berlawanan arah dengan arah lalu lintas. |
6q. | Akhir lajur bus. |
6r. | Tempat pemberhentian kendaraan dengan lintasan tetap (Trem, Kereta Api, Aeromovel). |
6s. | Rambu petunjuk memasuki daerah penggunaan sabuk pengaman. |
7. | Mendapat prioritas atas lalu lintas dari arah depan. |
8. | Tempat Parkir. |
9a. | Rumah Sakit. |
9b. | Balai pengobatan pertama. |
9c. | Bengkel perbaikan kendaraan. |
9d. | Telepon umum. |
9e. | Pompa bahan bakar. |
9f. | Hotel dan Motel. |
9g. | Rumah makan. |
9h. | Kedai kopi. |
9i. | Tempat wisata. |
9j. | Tempat berjalan kaki. |
9k. | Tempat berkemah. |
9l. | Tempat kereta kemah. |
9m. | Tempat berkemah dan kereta kemah. |
9n. | Pesanggrahan Pemuda. |
9p. | Rumah ibadat umat Islam. |
9q. | Rumah ibadat umat Kristen. |
9r. | Rumah ibadat umat Hindu. |
9s. | Rumah ibadat umat Budha. |
9t. | Museum. |
9u. | Stadion / Lapangan terbuka (STADIUM/SPORTFIELD) |
9v. | Lapangan Gantole (GLIDING) |
9w. | Gedung/Bangsal Olah Raga (SPORT HALL) |
|
|
|
|
|
Makasih sob..
ReplyDeletemakasuih banget...
ReplyDeletekerend , lengkap !
ReplyDeletethank for you?
ReplyDeleteThank For You........,?
ReplyDeleteThank For You
ReplyDeleteIam Very Thank For You...?
ReplyDeleteThank For You...?
ReplyDeletebanyak nyamukkkkkk .....
ReplyDelete