Tidak usah berpanjang lebar, yamaha byson tidak lama lagi akan keluar dari kandang….. upps!! dari pabrik Yamaha maksudnya. Berikut foto-foto dari peluncuran new jupiter Z di SICC Sentul dan postingan di kaskus.us
Tulisan ini terispirasi tulisan-tulian teman-teman blogger tentang mentahnya rencana launching FZ-16 di Indonesia. Pernyataan Indra Dwi Sunda, promotion manager, PT YMKI yang dapat dimaknai bahwa kemungkinan launching FZ-16 cuma sekitar 20% menurut saya akan memberikan steriotipe yang nggak baik bagi korporat, YMKI pada khususnya…Ya steriotipe RAGU. Saya Nggak Tahu dan belum mendapatkan data hasil test ride yang dilakukan ‘intern’ YMKI terhadap motor ini. Tapi melihat Antusiasme umumnya biker dan spesifikasi motornya, keputusan mentahnya launching FZ-16 sungguh membuat kekecewaan dan tanda tanya yang besar.
Kenapa ya kira-kira? . . . kalu ditelisik dari spek mesinnya yang (mohon maaf) nggak terlalu advance ; sohc, 4 tak, air cooled . .. kayaknya dengan spek ini, adalah hil yang mustahal bila motor ini dibilang nggak sesuai/cocok dengan jalanan di tanah air memang sih dalam dunia bisnis semua harus dihitung untung ruginya . . . YMKI mungkin saja melihat secara bisnis ( baca = finansial) Berjuala FZ 16 nggak prospektif, entah melalui survei apa, hanya laporan diatas meja RnD nya yang tahu. Atau YMKI merasa tahu diri bahwa kapasitas produksinya yang masih terbatas, bisa menyulitkan langkah selanjutnya bila FZ16 jadi dilaunching . . karena ujung-ujungnya, bila permintaan membludak, Konsumen pasti dikecewakan karena panjangnya daftar antrean inden, bahkan bisa jadi kasus prioritas pembelian dengan kredit oleh dealer ‘iseng’ bisa terjadi lagi seperti dulu kasus V-Ixion . . . karena saya korbannya juga neh (curhat mode)
Atau bisa jadi keraguan YMKI ini, didasari oleh pengalaman blunder suzuki dahulu saat ‘mensuksesi’ Shogun 110 dengan shogun 125? dalam hal ini Penjualan V-Ixion dangan FZ16 yang dikhawatirkan akan saling mengkanibal . . .tapi. . . kayaknya jauh deh dari alasan yang terakhir ini. Secara Kasusnya beda.. dulu Shogun 125 kan belum di uji opini publik secara masif sebelum peluncurannya .. . sedangkan FZ 16 ini . . . yah YMKI Bisa nilai sendiri antusiasme konsumen. Prediksi saya, Kemungkinan besar dengan FZ 16 ini akan menimbulkan sebuah dorongan First Mover, seperti sejarah yang dicetak oleh Mio . . . so apakah YMKI mau kehilangan kesempatan ini? kalo prediksi saya benar . . . siyap-siyap rugi lho (minimal rugi momentum) Semoga Berguna
dengan spesifikasi
ayo, buruan inden, biar bisa jadi penunggang byson pertama di kotamu!!
Tulisan ini terispirasi tulisan-tulian teman-teman blogger tentang mentahnya rencana launching FZ-16 di Indonesia. Pernyataan Indra Dwi Sunda, promotion manager, PT YMKI yang dapat dimaknai bahwa kemungkinan launching FZ-16 cuma sekitar 20% menurut saya akan memberikan steriotipe yang nggak baik bagi korporat, YMKI pada khususnya…Ya steriotipe RAGU. Saya Nggak Tahu dan belum mendapatkan data hasil test ride yang dilakukan ‘intern’ YMKI terhadap motor ini. Tapi melihat Antusiasme umumnya biker dan spesifikasi motornya, keputusan mentahnya launching FZ-16 sungguh membuat kekecewaan dan tanda tanya yang besar.
Kenapa ya kira-kira? . . . kalu ditelisik dari spek mesinnya yang (mohon maaf) nggak terlalu advance ; sohc, 4 tak, air cooled . .. kayaknya dengan spek ini, adalah hil yang mustahal bila motor ini dibilang nggak sesuai/cocok dengan jalanan di tanah air memang sih dalam dunia bisnis semua harus dihitung untung ruginya . . . YMKI mungkin saja melihat secara bisnis ( baca = finansial) Berjuala FZ 16 nggak prospektif, entah melalui survei apa, hanya laporan diatas meja RnD nya yang tahu. Atau YMKI merasa tahu diri bahwa kapasitas produksinya yang masih terbatas, bisa menyulitkan langkah selanjutnya bila FZ16 jadi dilaunching . . karena ujung-ujungnya, bila permintaan membludak, Konsumen pasti dikecewakan karena panjangnya daftar antrean inden, bahkan bisa jadi kasus prioritas pembelian dengan kredit oleh dealer ‘iseng’ bisa terjadi lagi seperti dulu kasus V-Ixion . . . karena saya korbannya juga neh (curhat mode)
Atau bisa jadi keraguan YMKI ini, didasari oleh pengalaman blunder suzuki dahulu saat ‘mensuksesi’ Shogun 110 dengan shogun 125? dalam hal ini Penjualan V-Ixion dangan FZ16 yang dikhawatirkan akan saling mengkanibal . . .tapi. . . kayaknya jauh deh dari alasan yang terakhir ini. Secara Kasusnya beda.. dulu Shogun 125 kan belum di uji opini publik secara masif sebelum peluncurannya .. . sedangkan FZ 16 ini . . . yah YMKI Bisa nilai sendiri antusiasme konsumen. Prediksi saya, Kemungkinan besar dengan FZ 16 ini akan menimbulkan sebuah dorongan First Mover, seperti sejarah yang dicetak oleh Mio . . . so apakah YMKI mau kehilangan kesempatan ini? kalo prediksi saya benar . . . siyap-siyap rugi lho (minimal rugi momentum) Semoga Berguna
dengan spesifikasi
ayo, buruan inden, biar bisa jadi penunggang byson pertama di kotamu!!
Post a Comment