Tanggul Jebol, 6 Rumah Terendam



Ponorogo-HARIAN BANGSA

Hujan deras yang mengguyur Ponorogo kemarin menyebabkan plengsengan di desa Madusari kecamatan Siman jebol. Akibatnya, air masuk ke rumah warga. Selain itu juga merusak hekataran  kebun warga desa. Yani warga setempat mengatakan, hujan yang sangat lebat kemarin malam menyebabkan banjir dengan ketinggian lebih dari  1 meter.
“Ada enam rumah warga yang terendam banjir,” tambahnya.
Dijelaskan, plengsengan yang dengan tinggi 4 meter jebol selebar lebih dari 15 meter. Juga telah menggerus tanah kebun warga, sehingga menyebabkan jarak antara rumah warga dengan bibir sungai menjadi 100 meter.
“Warga kuatir jika tidak segera diperbaiki akan merusak rumah warga jika kembali terjadi hujan lebat,” terangnya.
Senada dengan Yani, Samsuri kepala desa setempat saat ditemui di lokasi kerja bakti kemarin (17/6) mengatakan plengesengan di sungai Sekayu ini sebenarnya telah jebol tiga kali beberapa waktu yang lalu. Namun, telah diperbaiki oleh dinas terkait yang bekerjasama dengan warga desa.
“Kemarin jebol kembali, sehingga hari ini warga desa bekerja bakti untuk membangun tanggul darurat. Dari karung yang berisi pasir,” jelasnya.
Lebih lanjut, Samsuri menjelaskan, dengan masih tingginya curah hujan, diharapkan pemerintah daerah segera membangun plengsengan itu. Pasalnya, kejadian ini menyebabkan terhambatnya perekonomian warga desa.
“Kebun banyak yang rusak, warga sangat resah. Dan tidak ingin kejadian banjir yang sangat parah pada tahun 2007 yang menyebabkan ratusan rumah terendam banjir kembali terulang,” pungkasnya. (pg1)

link sumber

Post a Comment