Dengan nongolnya Jupiter MX double disc ini, patah juga bocoran yang sebelumnya diberikan Advisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi. Ketika itu dia mengatakan bahwa Jupiter MX terbaru hanya akan ganti striping saja, tidak akan ada penambahan fitur seperti rem cakram di roda belakang.
“Mesin tetap sama, tidak akan ada cakram ganda juga,” ujar ketika itu.
Selesai bicarakan cakram belakang, mari tengok bentuk motor ini yang terlihat lebih segar dengan pengadopsian bodi baru. Sebab banyak perubahan yang dilakukan Yamaha pada motor yang menggendong mesin 135 cc ini selain pengaplikasian rem double disc.
Bodi New Jupiter MX lebih terlihat ramping. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk meningkatkan aerodinamika motor tersebut. Perubahan lainnya juga terjadi pada bagian head lamp yang kini agak lebar sedikit. Sedangkan lampu senja kini lebih sipit yang disertakan perubahan pada bagian depan.
Sementara untuk fairingnya kini lebih terlihat agak membesar sedikit dan terlihat ventilasi. Beralih ke buritan, lampu rem New Jupiter MX juga terlihat lebih ramping, berbeda sekali dengan bentuk lama.
Begitu juga dengan bentuk breket belakang. Improvement lain yang dilakukan Yamaha adalah penambahan disc brake pada rem belakang. Dengan penyematan itu Yamaha beralasan untuk menyamankan penggunannya.
Menelisik ke bagian jeroan Yamaha New Jupiter MX, kini gigi tambah menjadi 5 dimana sebelumnya hanya 4. Namun mesinnya tetap sama yakni 134 cc 4 valve SOHC berpendingin cair.
Tenaga yang dihasilkan sebesar 12,52 Ps pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi 1,24 kgf.m pada putaran 6.000 rpm. Tenaga tersebut menjadi patokan Yamaha untuk mematikan lawan-lawannya.
Tapi sayangnya, Yamaha belum bisa dikonfirmasi apakah benar ini Jupiter MX yang baru atau hanya sekedar motor pajangan. Mari kita tunggu saja kepastiannya dari pabrikan berlambang garpu tala ini.(detikcom)
Setelah sesi uji coba, barulah Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjelaskan perubahan sepeda motor bebek yang hadir pertama kali pada 2005.
Menurut Mohamad Abidin, Manager Technical Support Service Division, perubahannya mulai dari tampilan wajah, fairing, bodi, transmisi sampai mesin.
Dapur pacunya mengalami perubahan dengan basis Yamaha Vixion namun masih menggunakan karburator. Transmisi pada versi kopling menjadi 5-speed sebelumnya hanya 4-speed. Sedangkan versi non-kopling masih tetap menggunakan 4-speed. Tenaga dan torsinya juga menjadi lebih besar dari pendahulunya. Yamaha juga membedakan besaran torsi dan tenaga antara MX kopling dan MX non-kopling tangan.
MX tetap mengusung teknologi DiAsil Cylinder yang berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil saat dikendarai dan daya tahan yang kuat dari gesekan (aus).
Sedangkan wajahnya memiliki desain baru mulai dari lampu depan dan belakang. Fairing body dengan model baru yang lebih sportif. Sentuhan baru juga pada muffler.
Sepeda motor ini secara resmi akan diluncurkan pada Minggu mendatang (28/11) bersamaan dengan Yamaha Cup Race 2010 seri terakhir di Kemayoran, Jakarta. [dp/Wyu]
Yamaha Jupiter MX 2011 (non-kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin CairKapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,14 hp/8.500 rpm
Torsi 11,79 Nm/6.000 rpm
Transmisi 4-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Yamaha Jupiter MX 2011 (kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin CairKapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,52 hp/8.500 rpm
Torsi 12,14 Nm/6.000 rpm
Transmisi 5-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
http://www.dapurpacu.com/spesifikasi-new-yamaha-jupiter-mx-2011/
http://www.newoes.com/yamaha-jupiter-mx-terbaru-new-jupiter-mx
yamaha new jupiter mx emang mantap banget, sayang ia tak ada bagasi bawah jok, jadi nggak kayak motor biasanya, dan bentuk spionnya juga nggak nyambung bodinya
ReplyDeletekn sengaja kali gan,
ReplyDeletekalo serba perfect , ntar gk da yg harus di modif lgi donk...ckckck